“SAY NO TO DRUGS”

Rabu, 8 Februari 2017

Hai! Teman-teman pasti sudah kenal tagline di atas. Say No to Drugs!

Apa artinya? Berkata Tidak untuk Narkoba.

Siswa/i SMA merupakan remaja awal yang masih mencari jati diri. Jati diri kearah positif siswa dapat berkembang luas. Bagaimana jika kita, teman-teman kita malah berbalik arah kearah negatif? hal itu yang perlu kita ketahui bersama.

SMA Quantum Indonesia mengadakan field trip kunjungan ke RSKO (Rumah Sakit Ketergantungan Obat) Cibubur. Mengapa RSKO? RSKO merupakan salah satu RS di Jakarta yang menangani pasien yang terjerumus Narkoba. Namun, RSKO ternyata tidak hanya melayani pasien yang terkena narkoba, tetapi melayani pelayanan kesehatan bagi masyarakat juga. Kunjungan ini bermaksud menambah wawasan tentang  perilaku menyimpang dalam mata pelajaran Sosiologi dan perilaku tercela pada mata pelajaran Agama Islam. Kedua mata pelajaran ini berkolaborasi untuk menyajikan realita tentang pemakai narkoba.

Apa aja si kegiatan kami di sana?

Dr. Mona memaparkan tentang bahayanya penggunaan narkoba. Selanjutnya kami menyimak testimoni seorang mantan pecandu narkoba yang menjadi konselor di RS tersebut. Beliau memberikan dan menceritakan masa kelamya saat menggunakan obat-obat terlarang sampai pada akhirnya beliau dapat sembuh total dan berbalik mengikuti pelatihan untuk menjadi konselor. Siswa/i sangat antusias mendengarkan cerita pengalaman konselor dan banyak yang mengajukan pertanyaan. “Pak, bagaimana dampak dari pecandu narkoba dan berapa lama proses penyembuhan di RS ini?” Tanya si Brina dengan penuh perhatian.

Kegiatan terakhir kami adalah mengunjungi bagian rehabilitasi. Area ini dijaga sangat ketat, karena dikhawatirkan pasien akan kabur. Pasien di RSKO ini setiap harinya mengikuti kegiatan-kegiatan/ rutinitas yang diberikan oleh konselor mereka, seperti olahraga, games dan lain-lain. Kegiatan ini membuat pasien tidak merasa jenuh dan termotivasi untuk sembuh.

Ada banyak manfaat yang dapat dipetik dari kunjungan kali ini, antara lain:  perlu bijaksana memilih teman bergaul, lebih memahami akibat kecanduan narkoba secara fisik, psikologis, dan menjaga diri dari peredaran narkoba di kalangan generasi muda.

Hayo teman-teman, mari kita berani hidup sehat tanpa narkoba.

Hidup sehat Yes, Prestasi Yes, Bergaul baik Yes, Narkoba No! (R)

8,015 total views, 12 views today

Recomended Posts

3 Comments

Leave a Reply