Jumat, 16 Desember 2016

Belajar tidak hanya dapat dilakukan di dalam kelas dengan duduk rapi, bisa saja dilakukan di luar kelas, bermain di lapangan, berada di tempat wisata dan di banyak tempat menyenangkan lainnya.  Tempat belajar menyenangkan yang kali ini SMA QUANTUM INDONESIA kunjungi ialah Bandung. Bandung memiliki banyak tempat wisata edukatif yang menarik untuk dikunjungi. Kali ini siswa SMA QUANTUM INDONESIA mengunjungi salah satu objek wisata edukatif yaitu museum Sri Baduga.

Perjalanan dimulai setelah mengunjungi Puspa Iptek kemudian dilanjutkan dengan sholat Jum’at dan makan siang. Walaupun perjalanan menuju ke museum Sri Baduga macet, tapi tidak menyusutkan antusiasme para siswa untuk berkunjung. Setibanya disana kami disambut oleh pihak museum dan selanjutnya kami menyimak penjelasan pihak museum. Pada kunjungan ini tugas para siswa selain mengerjakan LKS ialah membuat video laporan, jadi para siswa akan berperan layaknya seorang reporter.

Museum Sri Baduga merupakan salah satu museum umum yang dimiliki oleh kota Bandung. Museum ini memiliki tiga lantai yang diisi oleh berbagai koleksi benda-benda bersejarah dari jaman pra-sejarah sampai jaman kolonial. Pada lantai satu terdapat koleksi benda-benda purba seperti gua, fosil purba, teknik penguburan jaman purba dan masih banyak lagi. Di lantai satu ini menjadi sentra untuk kelas X belajar mengenai materi sejarah mengenai manusia purba. Pada lantai dua terdapat koleksi benda peninggalan kerajaan islam, lantai dua inilah yang menjadi sentra belajar siswa kelas XI untuk mempelajari lebih dalam mengenai kerajaan islam. Pada lantai terakhir terdapat koleksi benda-benda sejarah yang menjadi ciri khas Jawa Barat, dimulai dari alat musik kecapi yang sangat besar, seperangkat alat gamelan, mainan tradisional Jawa barat, dan lain sebagainya. (AB)dscn9955

4,531 total views, 11 views today

Recomended Posts