Learning Project Skill Siswa juga mutlak memiliki sikap mandiri dalam belajar. Untuk itu, SMA Quantum Indonesia memfasilitasi siswa dalam kelompok dengan kegiatan Learning Project Skill. Kegiatan ini bertujuan agar siswa melalui mata pelajaran peminatannya dapat memberikan sumbangan pemikiran dan karya nyata bagi kesehatan dan kesejahteraan lingkungan (keluarga, sekolah, masyarakat). Salah satu kegiatan yang dapat diikuti siswa adalah pengelolaan Koperasi SQI. Kegiatan ini berorientasi kepada pembentukan soft skills (mandiri, bertanggung jawab, teliti, kerja sama, making decision, problem solving) dan life skill (mampu hidup dalam organisasi sebagai miniatur masyarakat, mampu merencanakan-mengorganisasikan-melaksanakan-mengevaluasi-melaporkan setiap kegiatan dengan matang).

Magang atau Internship Kegiatan magang atau internship bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa mengeksplorasi cita-cita mereka melalui praktik bekerja di sejumlah tempat. Pada kesempatan ini, para siswa dibimbing untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Sejauh memungkinkan, para siswa akan bekerja di perusahaan atau badan usaha yang sesuai dengan minat mereka. Program ini berlangsung selama satu semester dan wajib diikuti setiap siswa. Pada akhir program. Siswa akan mempresentasikan hasil praktik lapangan mereka di hadapan dewan guru, pembimbing, orang tua, dan seluruh siswa peserta program dalam semester tersebut. Kelulusan siswa dari program ini ditentukan dari hasil akhir penilaian yang mencakup aspek etika dan sikap di tempat kerja, keterampilan personal dan sosial, keterampilan teknis pekerjaan, dan pelaporan hasil akhir.

Tugas Akhir Tugas akhir ini merupakan proyek bagi Kelas 12 menjelang berakhirnya masa studi mereka. Program ini merupakan tantangan bagi siswa secara akademis karena mereka harus menuangkan kemampuan olah pikir, diantaranya kemampuan konseptual, observasi, analisis, dan evaluasi dalam kegiatan penelitian. Proyek ini terdiri dari kegiatan: perencanaan, desain penelitian, implementasi di lapangan, menuliskan hasil penelitian lapangan, sidang tertutup dan terbuka. Topik atau tema penelitian dipilih berdasarkan mata pelajaran peminatan siswa sejak kelas 10 dan hasil diskusi matang dengan pembimbing tugas akhir.

Kegiatan Pelayanan Pribadi (KPP) atau Student Service Program ini adalah program wajib bagi siswa dan merupakan syarat kelulusan dari SMA Quantum Indonesia. Kegiatannya dikemas dalam bentuk kegiatan mengajar pada kelas yang lebih rendah (baik di SD maupun di SMP) selama 1 semester. Di bawah bimbingan guru pendamping, siswa akan mempersiapkan diri untuk mengajar sesuai minatnya. Kegiatan ini berakhir dengan adanya penilaian dari guru kelas tempatnya mengajar dan guru pembimbingnya. Nilai kelulusan dari kegiatan ini minimal 75.

Pengembangan Sikap Hidup Sehat Pola dan sikap hidup sehat menjadi fokus perhatian yang sangat penting bagi SMA Quantum Indonesia. Beberapa program penunjang kegiatan ini adalah:

  1. Pemeriksaan gigi, mulut, kuku, mata, dan telinga.
  2. Penyuluhan kesehatan reproduksi, narkoba, giji dan pola makan   yang sehat.
  3. Tes kebugaran/kesegaran fisik.
  4. Kegiatan kebersamaan yang bertujuan membentuk komunitas moral yang saling mendukung, menguatkan, memuji, menghibur, dan menghargai satu sama lain.

 

Kegiatan Kurikulum Plus Kurikulum Plus adalah program yang istimewa di SMA Quantum Indonesia. Program Kurikulum Plus ini ada yang diorganisasikan oleh sekolah, yakni penghayatan nilai-nilai (living values), seni tari dan musik tradisional (dalam mata pelajaran Seni Budaya) dan ada yang diorganisasikan oleh siswa (OSIS), antara lain di bidang olahraga dan keahlian (vokasi). Siswa wajib mengikuti kurikulum plus olahraga dan vokasi minimal selama 4 semester sebagai syarat kelulusan. Kurplus ini memfasilitasi minat dan bakat siswa serta sekaligus menyediakan wahana mengasah kemampuan manajerial dan kepemimpinan mereka. Untuk membentuk sebuah kurplus baru, siswa wajib membuat proposal (struktur organisasi, tata tertib, program, jenis-jenis kegiatan rutin, performance, dan laporan kegiatan per minggu). Siswa akan mempresentasikan proposal tersebut di hadapan dewan guru dan staff. Pada akhir setiap semester, setiap kurplus wajib mengadakan unjuk kompetensi di hadapan siswa, orang tua, dan dewan guru. Secara umum, program kurikulum plus ini dibagi dalam empat bidang, yakni:

  1. Living Values (terintegrasi dalam semua kegiatan sekolah):
  2. Kegiatan dalam bidang ini telah melekat dalam kegiatan kesiswaan sebelumnya.
  3. Kegiatan Pengembangan Kesenian (dilaksanakan dalam mata pelajaran Seni   Budaya): Seni tari tradisional dan seni musik tradisional: angklung, arumba, gamelan, kecuali band.
  4. Pengembangan Wawasan Pengetahuan dan Pengembangan Keahlian: Sains   Club, Japanese Club, English Club, Iqro, Fotografi, Desain Grafis.
  5. Kegiatan Pengembangan Olah Raga dan Kesehatan Jasmani: Renang, Mini Soccer/Futsal, Bola Basket.

 

Kegiatan ekstra kurikuler Kegiatan ekstra kurikuler di SMA Quantum Indonesia merujuk kepada kegiatan yang dilakukan di luar jam sekolah untuk mengasah potensi dan kemampuan siswa. Beberapa jenis ekstra kurikuler yang ditawarkan kepada siswa adalah sebagai berikut:

  1. Kegiatan Pengembangan Wawasan Pengetahuan: Extra Math, Extra Sains, Extra English
  2. Kegiatan Pengembangan Kesenian : Tari tradisional
  3. Kegiatan Pengembangan Olah Raga dan Kesehatan Jasmani : Futsal, renang.

3,997 total views, 5 views today