“Waaah..kaya di film Jurassic World ya”, ujar Kevin, salah satu peserta didik kelas 8 dengan terkagum-kagum.  Bukan hanya dia, bahkan semua peserta didik yang masuk ke Goa Dunia Orangutan pun memiliki kesan yang sama dengannya.  Fasilitas ini tersedia di Pusat Primata Schmutzer, Taman Margasatwa Ragunan, dan memang terbilang unik. Pada awalnya peserta didik agak heran dengan Goa tersebut, karena tidak ada petunjuk atau papan informasi. Sampai akhirnya ada beberapa peserta didik yang memberanikan diri untuk masuk dan menemukan sesuatu yang menakjubkan di sana. Di dalamnya, terdapat sebuah kaca yang membuat kita dapat melihat ke area luar Goa yang dikelilingi oleh sebuah hutan kecil. Pengunjung bisa melihat orangutan yang sedang duduk menikmati makanannya atau sedang bergelantungan di dahan pohon. Menariknya lagi, ada sebuah papan besar berisi peta Indonesia yang sudah ditambahkan beberapa gambar orangutan pada daerah-daerah tertentu untuk menjelaskan kepada pengunjung tentang area persebaran orangutan di Indonesia.

Dalam kegiatan Field Trip yang diikuti oleh peserta didik kelas 7 dan 8 SMP Quantum Indonesia kali ini (Rabu, 15/3/2017),mereka tidak hanya mengunjungi Pusat Primata Schmutzer saja, tetapi juga tempat-tempat lainnya di Taman Margasatwa Ragunan yang tidak kalah menarik, antara lain adalah kandang singa, harimau, aneka unggas, aneka ikan dan kandang hewan lainnya. Ada sebuah pemandangan unik saat peserta didik mengunjungi kandang harimau. Mereka melihat tiga ekor harimau yang tengah berendam di  sebuah kolam yang ada di area kandangnya. Beberapa peserta didik tertawa menyaksikan tingkah lucu harimau-harimau itu. Lalu, beberapa peserta didik lainnya ada yang berpendapat bahwa harimau itu merasa kepanasan sehingga mereka harus menceburkan diri mereka ke dalam kolam. Ya, bisa saja memang demikian, karena memang cuaca pada hari itu cukup terik dan lembab.

Selain melihat-lihat aneka fauna di sana, peserta didikpun diberikan tugas berupa lembar kerja. Mereka diminta untuk mencatat informasi khusus tentang hewan-hewan yang diamati dan mengklasifikasikan hewan-hewan tersebut berdasarkan area penyebarannya seperti Asiatis, Peralihan atau Australis. So, selain mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dengan mengunjungi fauna yang ada di Taman Margasatwa, Ragunan, peserta didik juga bisa merefresh kembali pengetahuan mereka tentang kasifikasi hewan berdasarkan area penyebarannya. (AK)

14,892 total views, 54 views today

Recomended Posts

5 Comments

Leave a Reply